Biografi Ibnu Miskawaih

Written By Khotibul Umam on 22 Apr 2013 | 4/22/2013 02:00:00 AM

Ibnu Miskawaih
Ibnu Miskawaih
Ibnu Miskawaih, seorang ilmuwan agung kelahiran Ray, Persia (sekarang Iran) yang hidup sekitar tahun 320 H/932 M, diberi gelar sebagai Guru Ketiga setelah al-Farabi dalam bidang filsafat. Ia merupakan seorang ilmuan hebat yang dikenal sebagai seorang filsuf, penyair, dan sejarawan yang sangat masyhur. 

Ibnu Miskawaih memiliki nama asli Ahmad Ibn Muhammad Ibn Ya’qûb Ibn Miskawaih. Ibnu Miskawaih adalah seorang keturunan Persia yang ia dan keluarganya beragama Majuzi kemudian pindah memeluk agama Islam. Ibnu Miskawaih berbeda dengan al-Kindi dan al-Farabi yang lebih menekankan pada aspek metafisik. Ibnu Miskawaih lebih pada tataran filsafat etika seperti al-Ghazali. Sejarah dan filsafat merupakan dua bidang yang sangat disenanginya. Sejak masih muda, ia dengan tekun mempelajari sejarah dan filsafat. Dia dalam masa mudanya pernah mengabdikan dan belajar bersama Ibn Al-‘Amid sebagai pustakawannya selama kurang lebih tujuh tahun. Dia menuntut ilmu dan lebih memperoleh banyak wawasan berkat pergaulannya dengan kaum elit. Dan Miskawaih mengakhiri masa hidupnya kira2 sekitar tahun Safat 421/Februari 1030. Tanggal kelahirannya tidak jelas.

Ibnu Miskawaih, Bapak Etika Islam
Ibnu Miskawaih, Bapak Etika Islam
Dalam wawasannya, Ibnu Miskawaih lebih dikenal sebagai seorang filsuf akhlak (etika) walaupun perhatiannya luas meliputi ilmu-ilmu yang lain, seperti kedokteran, bahasa, sastra, dan sejarah. Bahkan dalam literatur filsafat Islam, tampaknya hanya Ibnu Miskawaih inilah satu-satunya tokoh filsafat akhlak. Ibnu Miskawaih juga dikenal sebagai Bapak Etika Islam. Ia telah merumuskan dasar-dasar etika di dalam karya monumentalnya yang diberi judul Tahdzīb al-Akhlāq wa Tathīr al-A’rāq (pendidikan budi dan pembersihan akhlaq). Sementara itu, sumber filsafat etika ibnu Miskawaih berasal dari filsafat Yunani, peradaban Persia, ajaran Syariat Islam, dan pengalaman pribadi.

Sekian Sekilas informasi tentang Bapak Etika Islam, semoga dapat bermanfaat. lihat artikel yang berkaitan klik Sidareja
Share this article :

0 comments:

Arsip Curahan

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Curahan Tangan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khotibul Umam
Proudly powered by Blogger