Pengertian Penyalahgunaan NAPZA

Written By khotibul umam on 6 Jan 2013 | 1/06/2013 03:32:00 AM

NAPZA adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Napza adalah semacam zat-zat yang sebetulnya sering digunakan dalam bidang pengobatan, yakni seperti untuk menghilangkan rasa nyeri, tertidur, dll. Biasanya digunakan oleh seorang dokter ketika akan melakukan upaya pengobatan (operasi bedah, menengangkan pasien, dll). napza sebenarnya cukup baik ketika digunakan untuk upaya pengobatan atau sejenisnya ketika dengan dosis yang tepat dan dengan dikontrol oleh seorang yang ahli, baik dokter mapun yang lainnya. 
NAPZA ketika dalam penggunaannya tidak dengan kontrol dan dosis yang tepat itu yang tidak dianjurkan dan bisa disebut melanggar hukum. Pelanggaran hukum inilah yang sering kita sebut sebagai orang-orang yang menyalahgunakan NAPZA. dalam peraturan perundang-undangan yang ada penyalahgunaan NAPZA adalah orang yang mengunakan NAPZA tanpa hak atau melawan hukum. 
Istilah napza dalam hal ini esensinya sama dengan istilah dari narkoba. Dalam istilah tersebut biasanya sering digunakan oleh para pekerja sosial yang dalam hal ini adalah pihak kementerian sosial dan juga dipakai oleh kementerian kesehatan. sedangkan lembaga lain seperti Badan Narkotika Nasional (BNN) biasa menggunakan istilah Narkoba.
Share this article :

0 comments:

Arsip Curahan

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Curahan Tangan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Khotibul Umam
Proudly powered by Blogger